Oleh: sukma ragil | September 12, 2008

belajar ttg kemiskinan dan hubungannya dengan dirimu

12 sept 2008

selama ini kita mmungkin akrab dengan istilah kemiskinan karena,

jika menurut alat ukur absolut PBB, dimana orang/keluarga yang mengkonsumsi dengan nilai kurang dari $20/hari:

maka di Indonesia ini 50% warga negaranya adalah orang miskin artinya sekitar 110 juta orang.

entahlah benar atau tidak, yang jelas secara naluriah, tanpe pembatasan definisi ttg kemiskinan baik secara keilmuan ekonomi maupun sosial, kita jelas2 tahu bahwa BANYAK orang miskin di sekitar kita. bahkan mungkin juga kita akhirnya merasakan dan memahami bahwa: kita juga bagian dari mereka. atau bahkan terlebih lagi kita terlibat dalam rantai kemiskinan dengan mereka, entah sebagai sebab, atau sebagai akibat…

mas fakhrul, teman saya kuliah san organisasi bercerita dengan cukup menarik dalam blognya mengenai kemiskinan.

bahwa intinya-maksudnya yang bisa saya tangkap, kemiskinan itu merupakan sebuah rantai kehidupan dan sebuah proses yang tiada henti> dimana di dalam kehidupan in yang secara hitam-putih cuma terdiri atas orang miskin dan orang kaya, mereka saling mengelompok dari jaman ke jaman. membentuk lingkaran akses yang saling membatasi hingga akhirnya-sepertinya maksud saya, kemiskinan tidak akan pernah musnah dari muka bumi.

Tapi terlepas dari konteks itu, tulisan teman saya in cukup menarik bagi saya,

silakan lihat di alamat ini:

http://fakhrulfulvian.blogspot.com/2008/09/tadi-siang-saya-mengikuti-pelajaran.html

salam semuanya,

saya mau buka dulu, udah adzan

santrigemblung2008


Responses

  1. KEMISKINAN adalah korban dari suatu system Pak!

    Jika system negara ini baik niscaya jumlah orang miskin akan sedikit

    Benar tuch, miskin tidak pernah hilang dari muka bumi ini

    Tapi ingat, Kesederhanaan adalah sesuatu yang indah🙂


Tinggalkan Balasan

Kategori

