Oleh: sukma ragil | September 18, 2008

cara menikmati kopi


CARA koe MENIKMATI KOPI dari HARI ke HARI:

Pertama, thanks untuk teman2 ( saya sebut teman padahal belum kenalJ) yang telah memberikan saya informasi mengenai bagaimana cara menikmati kopi. Jujur, saya sendiri baru menikmati kopi dari beberapa kecil jenis saja. Namun begitu saya juga memiliki cara tersendiri menkmati kopi:

Setelah sekian lama, secar coba2 saya akhirnya dapat menemukan cara menikmati kopi yang paling baik menurut insting/perasaan saya (hingga saat ini lho.)

Semuanya bermula dari cara memasak kopi.

Terakhir saya mendapatkan kopi toraja arabika yang dibelikan teman saya, THAMRIN yang orang Makassar asli. Waktu itu dia belikan saya 1 kg, harganya Rp.36.000

Awalnya saya membuat kopi dengan cara klasik anak2 kos pada umumnya; masukkan kopi satu takaran sendok dan dua takaran sendok gula ke gelas dan seduh dengan air panas dari dispenser. Tunggu 5-10 menit biar lidah g terbakar waktu nyeruput.

Sembari menunggu biasanya saya menyalakan jarum super saya (kopi=sahabat sejati=soulmate rokok djarumsuper kuJ, hoho..)

Nah, ketika 10 menit berlalu, saya mulai menyeruput, tentunya g langsung tenggak. Tapi saya nikmati dulu sekitar 10-15 ml (kok susah sihh ukurannya, ya sekitar sepertiaga isi mulut lah.. ), lalu tak klamutin dulu (bahasa jawanya di kenyam dulu, diputer2 di lidah dan diisep isep sampe bener2 dingin) sambil menghirup aromanya. Biasanya sambil menarik nafas dan ketika mengeluarkannya saya biasanya berkat lirih, subhanalloh..

Tapi, ternyata ada cara membuat kopi yang membuat klamutan saya lebih klenyem2,

Kali ini saya memasak kopi dengan memasukkannya pada wadah pemasak mie (udah dicuci bo’) yang airnya sudah mendidih (100 derajat C katanya). Nah, tuh uapnya langsung nerocos keluar dan aromanya….hummmm mantab bro!! gurih2 gimana gitu, udah kebayang nikmat kopinya.. lalu tak aduk2 lah..

Setelah baunya bener2 menyengat, tak angkat dan tak tuang ke gelas.. (eh gelasnya pecah!!). so ganti kutuang ke mug temenku… eh belum dicuci..walhasil kopi yang tadinya buat 3 porsi tinggal seporsi deh. Kumasukin saja ke mug pinjeman (g bilang2 sama arif, si empunya mugJ).

Lalu tak masukin gula pasir sekitar 2 sendok…

Dan BENAR! Rasanya emang luar biasa. Bahkan cara keduaku menikmati kopi item ; yaitu meminumnya waktu sudah benar2 dingin, menimbulkan efek yang berkali lipat dari diseduh! Hmmmmmmmmmmmm. Rsanya kayak mabok deh, teller, bahkan hamper mampus deh, sampe langsung lari ke toilet karena abdominal gw sakit, hampir2 mag gw kambuh.. men*&^t 2 deh akhirnya. Tapi kenikmatannya masih terasa sampe sehari lhoh…. RUARRRR BIASAAA, subhanalloh, walhamdulillah….. maha suci alloh yng menciptakan kaffa ini..

Nah, sampai saat ini dan masa yang akan, saya yakin saya akan berusaha menjadi seorang murid yang baik dari guru ber


Responses

  1. nanti aku beliin lagi, tapi ga usah ditulis ya mas. ga enak sama yang lain takut pada mesen. ok

  2. Tips lainnya: nikmati secangkir kopi dengan penuh rasa syukur dan hati tenang sambil membayang meng-imajinasi…siapa tahu ide-ide baru pengembangan bisnis muncul…kalau muncul jangan lupa ditulis segera…(sedia alat tulis saat minum kopi dan secarik kertas atau buku…). Salam Inovasi!

  3. Telah hadir forum komunitas pecinta kopi terbesar di Indonesia!

    Indonesian Coffee Community merupakan suatu wadah untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang kopi di Indonesia. Forum atau komunitas ini tidak hanya untuk pelaku bisnis kopi, tetapi juga untuk semua pecinta dan penikmat kopi (Coffee Lovers) yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Indonesian Coffee Community dibuat khusus untuk membumikan kopi di tanah air bahkan di dunia.

    come and join with us :

    http://www.coffeecommunity.web.id

    Regards,
    Indonesian Coffee Community Team


Tinggalkan Balasan

Kategori

