INSPIRASI

Menjadi Kaya

Menjadi kaya dalam pandangan saya adalah bukannya memiliki seluruh akses terhadap sumberdaya, atau secara harfiah didefisinikan dengan memiliki uang yang sangat banyak. Namun kekayaan yang sebenarnya adalah kemampuan untuk memanage sedemikian banyak uang/akses kepada sumberdaya. Saya sangat menaruh hormat dan terinspirasi oleh perkataan seorang sahabat Nabi Muhammad SAW: “aku sedemikian heran, kenapa setiap segala sesuatu yang kusentuh berubah menjadi emas?”

itu adalah perkataan seorang pengusaha terbesar islam sekitar 14 Abad yang lalu. Abdurrohman Bin Auf, sahabat Rosululloh paling dermawan dan kapabel dalam hal bisnis, mencatat infaq terbesar karena 3x dalam setahun menyetorkan harta untuk perjuangan islam sejumlah barang dagangan sebanyak 700 unta kafilah.

Selain itu juga tercatat Abdurrahman bin Auf telah menyumbangkan dengan sembunyi-sembunyi atau terang-terangan antara lain 40,000 Dirham (sekitar Rp 1.4 Milyar uang sekarang), 40,000 Dinar (sekarang senilai +/- Rp 50 Milyar uang sekarang), 200 uqiyah emas, 500 ekor kuda, dan 1,500 ekor unta. Beliau juga menyantuni para veteran perang badar yang masih hidup waktu itu dengan santunan sebesar 400 Dinar (sekitar Rp 500 juta) per orang untuk veteran yang jumlahnya tidak kurang dari 100 orang. Di akhir hayatnya dia masih mewariskan hak waris sebesar 80.000 dinar ( Rp 100 milyar) peristri, sehingga total ganti waris untuk keempat istrinya adalah Rp 400 Milyar. Nah, sesuai dengan hukum waris ( melalui pendekatan perkiraan ) bahwa jatah waris istri-istri adalah seperdelapan dari total warisan. Itu berarti angka Rp 400 Milyar baru seperdelapan kekayaan total beliau. Sehingga asumsi minimalnya, kekayaan warisan beliau totalnya adalah Rp 400 M x 8 = Rp 3,2 Trilyun.

Bukan harta tujuannya, tetapi nominal yang dikelola dan yang dihasilkan menunjukkan kapabilitas seorang pebisnis..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: